Posted by on May 27, 2013 in pendaftaran cpns |

JAKARTARekrutmen CPNS 2013 tidak hanya menyangkut faktor intelektualitas. Sebab, integritas justru akan menjadi faktor utama dalam merekrut para calon abdi negara itu.

“Integritas menjadi unsur utama untuk rekrutmen tahun ini. Itu sebabnya, point ini akan kita perketat,” kata Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) Eko Prasojo dalam keterangan persnya, Minggu (19/5).

Menurutnya, perlu adanya perbaikan pada sistem seleksi untuk mendapatkan SDM Aparatur yang berkualitas. Karenanya, perekrutan pun ditujukan untuk memilih sarjana terbaik dari universitas terbaik. “Kualitas SDM menentukan maju tidaknya suatu bangsa,” ujarnya.

Eko menambahkan, CPNA 2013 harus memenuhi ambang batas kelulusan (passing grade). “Sejak merdeka kita tidak pernah memakai sistem passing grade lagi. Sekarang kalau butuh 20 pegawai tapi yang lulus hanya lima, maka hanya lima saja yang diambil,” ujarnya.

Selain menjalani ujian kepribadian, wawasan kebangsaan, dan kompetensi dasar, CPNS juga harus lulus pada kompetensi bidang. Guru besar ilmu administrasi di Universitas Indonesia itu menegaskan, dibuthkan aparatur yang kreatif untuk melakukan perubahan yang lebih baik terhadap negara ini.

“Satu persen orang terhebat di Indonesia harus masuk birokrasi. Dimulai dari perbaikan daya tarik dari pekerjaan abdi negara, hingga menciptakan suasana yang kondusif untuk perubahan birokrasi,” tandas guru besar UI ini.