Catat jadwal seleksi CPNS 2019 ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengumumkan bahwa seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) tahun 2019 akan dibuka pada 11-24 November 2019. “Pengumuman dan pendaftaran sudah bisa dimulai tanggal 11 November. Jadwal pendaftaran selama 14 hari. Jadi 11 sampai 24 November,” ujar Bima saat konferensi pers di Kantor KemenPANRB, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). Sebagaimana proses rekrutmen sebelumnya, pendaftaran CPNS dilakukan melalui situs web SSCASN BKN, sscasn.bkn.go.id.

Setelah itu, pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi dilaksanakan pada 16 Desember 2019. Mereka yang lolos berhak mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Bagi yang tidak lulus seleksi administrasi, mereka memiliki kesempatan untuk menyanggah atau komplen selama tiga hari, antara 16-19 Desember 2019. Nantinya, tanggal 26 Desember, pihaknya akan mengumumkan peserta yang sanggahannya diterima. Tahap berikutnya adalah tes SKD yang diharapkan mulai berjalan pada awal Februari. “Tidak menutup kemungkinan apabila ada kementerian/lembaga negara yang sudah siap untuk melaksnakan tes, itu bisa kita mulai lebih awal. Jadi pertengahan Januari sudah bisa kita mulai sebetulnya,” kata dia.

Pegawai Selanjutnya, tes seleksi kompetensi bidang dijadwalkan dilakukan pada bulan April. “Jadi kami berharap bulan April nanti sudah selesai semua proses penerimaan CPNS 2019, karena kami harus mengantisipasi jikalau nanti ada penerimaan CPNS 2020,” ucap Bima.

Catatan: Soal CPNS SKD berisi wawasan kebangsaan, intelejensi umum, dll. Sedangkan tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) adalah tergantung bidang formasi yang dilamar oleh masing-masing calon peserta tes CPNS.

Close Menu