200.000 Lowongan CPNS 2018 dibuka Pemerintah

Jakarta: Pemerintah akan membuka 200.000 lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2018. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun pada tahun ini.

“(CPNS 2018) kita patokannya jumlah pensiun. Jumlah pensiun itu 200 ribu lebih. Jadi kita ambil maksimum ya tidak boleh dari 200 ribu,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur usai launching Sistem Penerbitan Izin Online dan Multimoda (SPIONAM), e-Ticketing, dan e-Tilang di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Minggu, 4 Maret 2018.

Dalam rekrutmen tahun ini, terang dia, pemerintah menggunakan sistem minus gross. Jumlah CPNS yang diterima disesuaikan dengan PNS yang pensiun.

Perekrutmenan CPNS 2018 ini juga diprioritaskan kepada calon-calon yang berpendidikan dan berkemampuan (skill). Hal itu sangat penting untuk mendukung sistem e-Government yang diterapkan di masa depan.

“E-Government akan memaksimumkan fungsi seseorang dan meminimumkan ketergantungan kepada orang,” ungkap dia.

Pada rekrutmen kali ini, lanjut dia, pemerintah akan memprioritaskan bidang pendidikan dan kesehatan. Menurut dia, pendidikan dan kesehatan sangat penting mengingat jumlahnya yang minim. Kebanyakan guru dan dokter menumpuk di perkotaan. Sering kali di desa dan daerah terpencil kekurangan guru dan dokter.

“Kalau kita bilang (guru dan dokter) cukup, belum. Tapi kita melihat dari segi penyebaran. Karena banyak menumpuk dikota sekarang guru. Tapi daerah terpencil kita kekurangan,” ujar dia. (AZF)

Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/Wb72n1PN-pemerintah-buka-200-ribu-lowongan-cpns-2018

Agar lulus secara bersih, para calon pelamar CPNS harus belajar soal cpns dengan sungguh-sungguh.